Modul 2 : Kebijakan, Proses, dan Tata Kelola TIK untuk Pembangunan

Pemerintah di seluruh dunia semakin fokus pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembangunan (ICT for development-ICTD), yang tidak hanya berarti pengembangan industri atau sektor TIK, tetapi juga mencakup penggunaan TIK untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik.

Abstract

Pemerintah di seluruh dunia semakin fokus pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembangunan (ICT for development-ICTD), yang tidak hanya berarti pengembangan industri atau sektor TIK, tetapi juga mencakup penggunaan TIK untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik. Secara spesifik, pemerintah diharapkan menciptakan kebijakan ICTD yang mencakup berbagai bidang, seperti penciptaan lingkungan yang mendukung kebijakan dan peraturan, akses ke infrastruktur dasar, mempercepat pengembangan keahlian dasar TIK, pengembangan materi dan aplikasi TIK untuk pembangunan, dan memajukan penelitian dan pengembangan TIK untuk menghasilkan solusi yang inovatif. Modul ini berfokus terhadap penyusunan kebijakan dan tata kelola ICTD, penyediaan informasi penting tentang aspek kebijakan nasional, strategi dan kerangka kerja yang memperkenalkan ICTD. Modul ini mendiskusikan isu-isu penting kebijakan dan tata kelola ICTD, dan memperlihatkan bagaimana pemerintah dapat mengukur kemajuan mereka dan melakukan perbandingan terhadap kemajuan yang dicapai negara lainnya.


No. Sesi  Judul Sesi
Sesi 1Kebijakan TIK untuk Pembangunan-1
Sesi 2 Kebijakan TIK untuk Pembangunan-2
Sesi 3 Unsur-unsu r Kebijakan TIK untuk Pembangunan-1
Sesi 4 Unsur-unsu r Kebijakan TIK untuk Pembangunan-2
Sesi 5 Tata Kelola TIK
Modul ini bertujuan untuk:
  1. Memberikan informasi penting tentang berbagai aspek kebijakan, strategi dan peraturan nasional yang mempromosikan penggunaan ICTD;
  2. Mendiskusikan isu-isu sekitar pengembangan dan pengimplementasian kebijakan ICTD; dan
  3. Memperlihatkan bagaimana pemerintah dapat mengukur kemajuan mereka dalam penyusunan kebijakan ICTD dan membandingkannya dengan negara lainnya.
Setelah mempelajari modul ini, pembaca diharapkan mampu
  1. Menjelaskan proses kebijakan ICTD;
  2. Menganalisis kebijakan utama ICTD; dan
  3. Mendiskusikan isu-isu penting tentang tata kelola TIK.

Emmanuel C. Lallana adalah Chief Executive dari ideacorp, sebuah organisasi nirlaba independen. Beliau berperanan penting dalam sejumlah pelatihan dan proyek penelitian ICTD di Filipina dan di kawasan Asia Pasifik. Pada tahun 2004 sampai 2007, Dr. Lallana menjadi Komisaris di the Philippine Commission on Information and Communications Technology (CICT). CICT mempunyai tugas utama dalam kebijakan, perencanaan, koordinasi, implementasi, dan regulasi TIK dan merupakan entitas administratif yang merupakan cabang eksekutif dari pemerintah Filipina.